Daftar Titik Penyekatan di Cimahi-Bandung Barat Sepanjang PPKM Darurat

210704151352-dafta.jpeg

Penyekatan PPKM (Foto: Net)

JAVANEWS.INFO I KBB,- Satlantas Polres Cimahi menyiapkan dua titik penyekatan di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. PPKM Darurat diterapkan pada 3-20 Juli 2021 sebagai upaya menekan lonjakan kasus COVID-19.

Dua titik penyekatan tersebut yakni berada di Gerbang Tol Padalarang, Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang. Titik penyekatan tersebut termasuk kategori ring 3 PPKM Darurat atau membatasi mobilisasi orang dari luar daerah.

Satu lagi titik yang masuk ring 3 yakni Jalan Kebon Kopi yang merupakan perbatasan Cimahi dengan Kota Bandung. Namun di titik tersebut tak ada penyekatan seperti dua titik lainnya.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan di titik penyekatan ring 3 tersebut pihaknya melakukan pemeriksaan surat test COVID-19 serta kartu vaksinasi bagi pengendara yang datang dari arah Cianjur dan Purwakarta.

"Satlantas Polres Cimahi melaksanakan penyekatan di dua titik yang masuk ring 3. Cara bertindaknya (CB) kami periksa pengendara roda dua dan roda empat. Kalau tidak membawa surat test COVID-19 dan kartu vaksin kami siapkan tes antigen dan vaksinasi gratis di pos pelayanan ini. Atau nanti bisa kami putarbalik," tutur Sudirianto kepadadetikcom, Sabtu (3/7/2021).

Selain penyekatan di ring 3 tersebut, pihaknya juga melakukan penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Cimahi. Di antaranya Jalan Lurah dari arah Jalan Gatot Subroto yang merupakan ring 2 atau akses dari rumah warga ke pusat keramaian.

Lalu di Jalan Gandawijaya, Jalan Djulaeha Karmita, Jalan Demang Hardjakusumah, serta jalan di kawasan Alun-alun Timur Kota Cimahi yang semuanya masuk kategori ring 1 atau pusat kerumunan masyarakat.

"Misalnya Jalan Gandawijaya, kita tutup karena menjadi titik keramaian. Di situ kan berderet pertokoan dan pusat perbelanjaan jadi dikategorikan ring 1. Jalan itu ditutup dari jam 18.00 sampai 6 pagi," ujar Sudirianto.

Kapolres Cimahi AKBP Indra Setiawan mengatakan pihaknya menerapkan strategi preventif dalam PPKM Darurat, yakni penguatan operasi yustisi dengan pelarangan kerumunan.

"Ada juga upaya penyekatan dan penutupan jalan, sehingga masyarakat tidak mengarah ke kerumunan. Terakhir kita terapkan represif tapi masih kita sosialisasikan. Tapi sewaktu-waktu penindakan hukum bisa dilakukan bagi pelanggar PPKM Darurat sesuai Perda Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2021," kata Indra.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.INFO

Komentar