Permintaan Madu Sangat Tinggi, PT MBM Buka Kerjasama Kemitraan Ternak Lebah Kancleng

JAVANEWS | BANDUNG,- PT Mahakarya Berkah Madani (PT MBM) selaku penghasil madu kancleng membuka peluang sebesar besarnya kepada masyarakat untuk menjadi mitra perusahaan dalam budidaya ternak lebah kancleng. Hal itu seiring dengan tingginya permintaan tehadap madu kancleng baik untuk kebutuhan pasar ditanah air maupun ekspor ke luar negeri.

Direktur Mahakarya Berkah Mandiri Madapurna Wijaya mengatakan, saat ini perusahaan terus mengembangkan mitra perusahaan dalam pengembangan ternak lebah kancleng untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor yang sangat tinggi.

"Permintaan untuk ekspor sangat tinggi, baik itu untuk ke Jerman, Dubai dan lainnya. Oleh karena itu kita banyak menjaring kemitraan dengan masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ternak lebah," jelas Madapurna kepada media di kantor Mahakarya Berkah Madani di Jln.Parahyangan Permai Blok K No.7 Parongpong Kabupaten Bandung, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya, Ternak lebah kancleng ini sangat menguntungkan, mengingat tingginya permintaan dan adanya jalur pemasaran yang telah dibinanya. masyarakat yang berminat untuk membudidayakan lebah madu klanceng trigona bisa berinvestasi dengan membeli stup bibit lebah madu kancleng seharga Rp 1,2 juta / stup.

"Setelah masa pemeliharaan lebah selama empat bulan, madu klanceng yang dihasilkan akan dibeli oleh kita dengan keuntungan bagi mitra sebesar Rp 400 ribu / stupnya. Dengan perjanjian diatas materei kita menjamin membeli setiap tetes madu klanceng yang dihasilkan mitra," jelasnya.

Selain keuntungan dari penjualan madu klanceng, para mitra juga diberikan kesempatan untuk menjadi agen. Agen ini adalah perwakilan penjualan stup lebah madu klanceng disetiap kecamatan. Dalam hal ini satu kecamatan dibatasi hanya boleh ada satu agen madu klanceng PT MBM.

"Syarat menjadi agen adalah mitra harus memiliki minimal 50 stup lebah madu klanceng yang digunakan sebagai percontohan bagi mitra lain. Agen mendapat keuntungan dari penjualan stup lebah madu klanceng sebesar Rp 60 ribu untuk setiap stup yang terjual," katanya.

Selain agen, ada juga mini agen yang diberikan hak untuk memasarkan stup lebah madu klanceng kepada calon mitra. Mini agen mendapatkan keuntungan sebesar Rp 30.000 untuk setiap lebah madu klanceng yang terjual. Persyaratan mini agen adalah mitra harus memiliki minimal 10 stup lebah madu klanceng.

"Tidak perlu keahlian khusus untuk membudidayakan lebah madu klanceng trigona ini. stup cukup diletakan di sekitar rumah, dan lebah pun akan terbang mencari makan sendiri hingga menghasilkan madu," katanya.

Lebih lanjut Madapurna pun mengatakan PT MBM merupakan perusahaan yang sangat aman nyaman bagi mitra, berbeda dengan kemitraan ternak lainnya, karena berbadan hukum jelas, ada produknya.

"Bahkan PT MBM menjaga komitment bersama mitra untuk menghasilkan madu terbaik dan keuntungan bagi mitra," katanya. (wan)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.INFO

Komentar